Saturday 14 April 2018

ALAT BAHAN HIDROPONIK


Peralatan dan bahan Hidroponik Sederhana



 Netpot adalah istilah untuk wadah atau pot tanaman yang biasanya berukuran kecil dan berlubang. Netpot merupakan salah satu peralatan hidroponik sederhana yang sebenarnya dapat kita buat sendiri di rumah. Untuk mengganti netpot kita dapat menggunakan gelas plastik bekas air mineral atau gelas plastik yang sudah tak terpakai lagi dan kemudian dilubangi seperti netpot.  Penggunaan netpot dari gelas plastik bekas air mineral lebih ekonomis dan tentunya ramah lingkungan.




2. Media Tanam.    Bebrapa media tanam yang bisa digunakan dalam bercocok tanam secara hidroponik antara lain : 


a.    Rockwool.

Rockwool adalah salah satu bahan yang biasa digunakan dalam metode tanam hidroponik yang berfungsi sebagai media tanam. Rockwool terbuat dari batuan basalt yang dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi hingga membentuk busa dan teerbentuklah rockwool. Rockwoll digemari karena sifatnya yang permanen, daya serap airnya baik dan mudah diaplikasikan. Rockwool sebagai media tanam bisa juga diganti dengan busa/spon bekas 



b.      Cocopeat ( Serbuk Sabut Kelapa ) 

Cocopeat adalah media tanam yang dibuat dari sabut kelapa yang sudah dihaluskan. Bocopeat banyak dijual di toko-toko hidroponik baik Ofline maupun Online.




c.     Arang sekam. 

Arang sekam adalah media tanam yang terbuata dari sekam padi yang dibuat menjadi arang. arang sekam cukup mudah untuk didapat disekitar kita dan bisa juga membuatnya sendiri. untuk cara membuatnya bisa klik disini.



d.      Spon/Busa. 

Spon/Busa adalah alterntif media tanam hidroponik yang sederhana bisa juga menggunakan spon bekas kasur atau yang lainnya sehingga lebih ekonomis. 



e.    Expanded Clay/Hydroton 

Expanded Clay/Hydroton adalah salah satu jenis media tanam hidroponik berupa bulatan-bulatan lempung yang yang berukuran kecil seperti kelereng.Hydroton sangat baik sebagai media tanam karena dapat menyimpan kandungan air dengan baik, bersih, pH netral dan stabil, serta memiliki aerasi yang cukup baik.



f. Perlit.
Perlit adalah media tanam yang mempunyai sifat anorganik dan terbuat dari batu silika yang dipanaskan dengan suhu tinggi hingga mencair dan kemudian diubah menjadi ukuran yang lebih kecil. Nah, wujud dari perlit sendiri ialah mineral dengan berat yang ringan, memiliki kemampuan tukar kation dan daya serap air yang tidak banyak


3. pH meter.

kadar keasaman larutan nutrisi dan media tanam perlu dijaga untuk memastikan pertumbuhan tanaman yang optimal. Untuk mengetahui kadar pH media tanam atau nutrisi digunakanlah pH meter.








4.    TDS Meter

TDS Meter adala alt ukur kepekatan nutrisi pada sistim hidroponik sehingga nutrisi untuk tanaman sesuai dengan takaran yang diperlukan tanaman itu sendiri. karena apabila tidak sesuai takarannya maka tanaman tidak akan tumbuh dengan sempurna. 



5. Benih
Benih/bibit tanaman hidroponik hampir sama dengan bibit tanaman untuk metode tanam lainnya. Saat ini sudah banyak produsen dan toko-toko yang menyediakan bibit tanaman khusus pertanian atau perkebunan hidroponik. Saat memeilih benih sebaiknya perhatikan sisi kualitas dan ekonomisnya terutama jika anda ingin memproduksi tanaman untuk tujuan komersil.




6 . Bak plastik/Tong plastik

selain netpot dan wadah untuk menempatkan tanaman, dalam metode hidroponik sedrhana dibutuhkan wadah untuk menampung air dan nutrisi yang terlarut. Bak atau Tong plastik dapat digunakan untuk keperluan tersebut. Pilihlah bak atau tong plastik yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang diperlukan sesuai dengan jumlah tanaman semakin banyak jumlah tananaman semakin besar bak yang digunakan.





7. Pipa Paralon.

Pipa Paralon digunakan untuk tempat hidupnya tanaman dimana netpot-netpot yang sudah ada tanamana di letakkan di paralon yang sudah dilubangi dan didalam paralon dialiri air nutrisi dari bak penampungan.  untuk ukuran paralon yang digunakan bisa ukuran 2,5 inc dan 3 inc. selain paralon bisa juga digunakan talang air dan bebrapa alternatif lainnya seperti botol air mineral bekas dan gen bekas dimodifikasi sesuai kreatifitas kita. 





8.  Bor Listrik & Hole Saw


Bor listrik digunakan untuk melubangi paralon tempat meletakkan netpot. untuk cara melubanginya mengunakan mata bor yang khusus namanya Hole Saw seperti gambar disamping




9.   Sumbu panel

Sumbu Panel adalah terbuat dari kain yang mudah menyalurkan nutrisi dari bak atau paralon ke tanaman biasanya bahanya dari kain Flanel atau bahan lain yang mudah menyerap air. sumbu panel dipakai apabila dasar netpot tidak menyentuk air nutrisi secara langsung. 




10. Nutrisi
Nutrisi  adalah formula mineral atau zat-zat hara yang telah diramu sedemikian rupa untuk menumbuhkan suatu tanaman. Biasanya nutrisi tersebut akan diberikan secara berbeda tergantung pada jenis tanaman yang ditanam. Nutrisi hidroponik dapat diperoleh di toko-toko pertanian atau toko-toko hidroponik namanya nutrisi AB MIX dan di Perhatikan dengan baik petunjuk penggunaan nutrisi dan pastikan anda mencampurnya dengan air bersih sesuai dengan takaran yang tertera pada kemasan nutrisi tersebut.                    
lebih jelas tentang nutrisi klik disini



Demikian beberapa alat dan bahan hidroponik yang bisa saya bagian semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk memulai menanam dengan sistim Hidroponik.

No comments:

Post a Comment